Tips Menyambut Bulan Suci Ramadhan

tips menyambut bulan suci ramadhan
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Bulan Ramadhan segera tiba. Sebagai umat Islam, tentu kita harus menyambut bulan Ramadhan akan dengan gembira dan penuh syukur. Tentu saja hal ini karena bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat, bulan penuh pahala, dan bulan penuh kebaikan.Kita tentu sudah seharusnya mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan agar dapat mengantarkan kita menjadi orang yang semakin bertakwa. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan.

  1. Berniat
    Baik buruknya amal seseorang terletak pada niat. Dengan niat yang benar dan ikhlas untuk mengharap ridho Allah, puasa kita akan berkualitas.
  2. Berdoa
    Berdoalah kepada Allah agar kita dapat menjaga hati dan diri kita agar benar-benar siap menyambut bulan Ramadhan. Selain itu, panjatkan pula doa agar Allah mempertemukan kita dengan Ramadhan dalam keadaan sehat dan kuat baik jasmani dan rohani.
  3. Mempersiapkan diri lahir dan batin
    Menyambut bulan Ramadhan. Sudah sebaiknya kita menyiapkan lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah agung lainnya di bulan Ramadhan. Misalnya, melatih dan memperbanyak ibadah di bulan Sya’ban ini seperti puasa Sunnat dan shalat malam. Selain itu, agar puasa Anda dapat berjalan dengan baik, tentu harus tahu persiapan fisik menjelang bulan Ramadhan.
  4. Membayar puasa tahun lalu (Menyelesaikan Qadha Puasa Ramadhan tahun lalu)
    Seperti yang kita ketahui, bahwa puasa di bulan Ramadhan adalah suatu kewajiban. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang diperbolehkan tidak berpuasa dan harus menggantinya di bulan lain. Seperti, menstruasi, sakit atau perjalanan jauh. Jika kamu masih memiliki hutang puasa Ramadhan, sebaiknya selesaikan sebelum Ramadhan tiba. Apabila kita memiliki utang puasa Ramadhan tahun yang lalu, sudah seharusnya kita membayar utang puasa tersebut sesegera mungkin. Hal ini karena menunda qadha puasa dengan sengaja sampai masuk Ramadhan berikutnya adalah dosa.
  5. Menambah ilmu tentang segala hal yang berkaitan dengan bulan Ramadhan
    Agar kegiatan kita pada bulan Ramadhan lebih optimal maka kita harus memiliki wawasan dan pemahaman yang benar tentang bulan Ramadhan dan segala hal yang terkait dengan bulan Ramadhan. Caranya tentu saja dengan membaca litelatur dan menghadiri pengajian yang membahas tentang keutamaan Ramadhan. Ingatlah, hanya dengan ilmu kita dapat mengetahui cara berpuasa yang benar.
  6. Menjaga kesehatan
    Kesehatan merupakan modal utama dalam melakukan aktivitas, termasuk dalam melakukan ibadah. Dalam meyambut Ramadhan kita harus menjaga kesehatan dan menjaga stamina. Caranya, tentu saja menjaga pola makan, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, kita juga harus beristirahat yang cukup.
  7. Menentukan target untuk meningkatan diri
    Menentukan target yang ingin dicapai pada bulan Ramadhan juga penting untuk dilakukan. Misalnya, khatamkan al-quran, berinfak, dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan untuk memacu kita agar lebih baik lagi dalam beribadah. Selamat menjalankan ibadah puasa. Banyak orang yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai waktu untuk mengkhatamkan Alquran. maka dari itu, mulailah menghitung berapa banyak ayat atau juz yang harus dibaca setiap harinya agar selesai tepat ketika Ramadhan berakhir.
  8. Menjalani puasa di hari biasa  Bagi yang tidak terbiasa, puasa sebulan penuh akan cukup menyulitkan. Agar kamu tidak kaget, cobalah melakukan puasa sehari atau dua hari selama satu pekan,nmisal puasa Senin dan Kamis. Jika hal tersebut rutin kamu lakukan, pasti menjalani bulan Ramdhan akan mudah.
  9. Kurangi cemilan  Mengurangi cemilan sangat membantu seseorang dalam mengatur pola makan. Hal tersebut membuat seseorang mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, sehingga ketika berpuasa, tidak akan sering merasa lapar.
  10. Kurangi berperilaku buruk  Puasa juga menjadi tempat seseorang untuk melakukan hal-hal baik. mulai dari menjaga sikap, perkataan dan perbuatan. Alangkah baiknya, hal tersebut mulai kita lakukan sejak saat ini bahkan setelah Ramadhan usai.
  11. Persiapkan Harta  Bulan Ramadhan adalah ladangnya pahala dan penebusan dosa. Selain melakukan ibadah shalat atau puasa, banyak hal yang dapat dilakukan untuk berbuat kebaikan. Contohnya, membayar zakat, infaq dan bersedekah. Tidak harus banyak, tetapi niat yang ikhlas dan tulus karena Allah ta’ala.
  12. Olahraga  Mulailah berolahraga utuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh kamu. Ketika puasa, seseorang akan mudah lemas dan jatuh sakit jika tidak diimbangi pola makan yang sehat dan tentunya berolahraga yang cukup.

Itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga ada manfaatnya. Semoga Ramadhan tahun ini menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Marhaban Ya Ramadhan… Mohon Maaf Lahir dan Batin

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *