4 Titik Pada Bagian Tubuh Anak yang Harus Rajin Dicium dan Diusap Oleh Orang  Tua

4 Titik Pada Bagian Tubuh Anak yang Harus Rajin Dicium dan Diusap Oleh Orang Tua

Kasih sayang orangtua kepada anak-anaknya hampir tak bertepi. Terlebih saat anak-anaknya berusia masih sangat dini. Curahan kasih sayang melimpah ruah, bagai memanjakan sang raja.

Untuk memaksimalkan kasih sayang tersebut, setidaknya ada empat titik pada bagian tubuh anak yang harus diperhatikan setiap orangtua. Keempat titik itu disarankan untuk sering dicium dan diusap oleh orangtuanya.

Titik pertama, menurut Ustadz Hepi Andi Bastoni ialah ubun-ubun anak.

“Ubun-ubun anak adalah salah satu bagian tubuh yang harus rajin dicium. Yang kedua adalah kening, yang menandakan kebanggaan orangtua terhadap anaknya tersebut,” ujar Ustadz Hepi.

Sedangkan yang ketiga adalah kedua pipi. Menurutnya, ciuman pada kedua pipi anak adalah ciuman kasih sayang. Jadi, orangtua harus rajin-rajin mencium kedua pipi anaknya.

“Kemudian yang terakhir adalah punggung tangan. Kita selama ini sering mengulurkan tangan kita untuk dicium oleh anak-anak kita. Tapi Nabi dan para sahabat tidak, sesekali mereka mencium tangan anak-anak mereka,” pungkasnya.

Tak hanya keempat titik itu, sebuah pelukan dari orangtua kepada anaknya juga tidak kalah penting. Bahkan, hal ini diajarkan Rasulullah Saw.

Dikisahkan bahwa Abu Hurairah berjalan keluar bersama Rasulullah Saw. Selama di perjalanan, Rasulullah Saw. tidak berbicara dengan Abu Hurairah, begitu pun sebaliknya. Ketika sampai di pasar Bani Qainuqa, Rasulullah duduk di pekarangan rumah Fatimah lalu berkata, “Apakah terdapat anak-anak di sana?” Tidak lama kemudian, datanglah seorang anak kecil menghampiri Rasulullah. Rasul pun memeluk dan menciumnya sambil berdoa, “Ya Allah, sayangilah dia dan sayangi pula orang yang menyayanginya.” (H.R. Bukhari).

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan psikolog Edward R. Christopherson. Ph.D, menemukan bahwa pelukan lebih efektif daripada pujian atau ucapan sayang. Karena, pelukan membuat anak merasa dicintai dan dihargai. Serta memberikan kedekatan dan kekuatan getaran batin antara orangtua dan anak.

Dalam bukunya ‘The Hug Therapy’, psikolog Kathleen Keating juga menyebutkan bahwa pelukan dapat meningkatkan kecerdasan otak dan IQ anak. Serta dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Berikut Penjelasan Ustadz. Hepi Andi Bastoni, MA.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.